Fungsi Ripper Pada Exacavator dan Bulldozer di Pertambangan

Salam hangat untuk kawan sekalian, postingan saya kali ini akan membahas mengenai excavator dan bulldozer yang menggunakan ripper pada bucket nya dan ripper pada bulldozer terletak pada belakang nya. Dalam dunia pertambangan khusus nya tambang terbuka keberadaan unit seperti bulldozer dan excavator biasa nya sangat banyak dan berbagai macam bentuk nya, mulai dari yang kecil hingga yang berukuran besar sekali.

Dari sekian banyak nya Excavator dan Bulldozer di dalam area tambang di antaranya pasti ada yang menggunakan Ripper, karena ripper memiliki fungsi yang begitu penting untuk kelancaran pembukaan tambang terbuka. Terlebih jika ijin untuk Blasting sudah habis maka perusahaan hanya akan mengandalkan ripper.

Lalu apa sih peran ripper dalam dunia pertambangan batu bara khususnya.? Untuk lebih jelas nya, ayo baca lagi ke bawah kawan ku semua.

Excavator Ripper

gambar excavator ripper

Excavator ripper kami di tambang biasa menyebutnya Exca ripping adalah excavator yang pada awalnya menggunakan bucket lalu di lepas bucketnya dan di ganti dengan ripper. Ripper itu mirip seperti kuku raksasa yang di gunakan mencabik tanah, cara kerjanya operator akan menusuk bebatuan keras dan mulai menyeret kuku raksasanya tersebut. Gunanya adalah untuk mengemburkan menghancurkan batuan keras. Karena bucket biasa tidak akan bisa menembus itu batu jika tidak di bantu oleh excavator ripper, biasanya jika bebatuan sudah di gemburkan oleh excavator ripping baru lah excavator yang menggunakan bucket mengeruk material yang ada untuk di muat ke dalam hauler yang ada.


Bulldozer Ripper

gambar bulldozer ripper bekerja

Bulldozer Ripper umumnya sudah ada di pasang dari awal perusahaan membelinya, terlebih lagi jika itu adalah tipe bulldozer besar. Ripper pada bulldozer umumnya lebih lemah jika di bandingkan ripper pada excavator, tapi sebagai gantinya bulldozer dapat mengemburkan lalu mengarap hasil ripper nya ke suatu area agar excavator yang memuatnya nanti lebih mudah. Umumnya jika di tempat saya Bulldozer yang menggunakan ripper adalah Komatsu D375 dan Caterpillar D10N.
Sebenarnya yang menggunakan ripper bukan hanya Excavator atau Bulldozer saja, ada Motor Grader umumnya sudah di lengkapi ripper dari pabrikan nya sana, fungsinya untuk mengemburkan tanah yang akan di ratakannya.


Saya rasa sampai disini ya kawan ku semua, artikel mengenai  “Excavator Ripper dan Bulldozer Ripper” jika ada yang kurang, silahkan kawan ku menambahkan melalui komentar di bawah ini.

Tambahkan Komentar Sembunyikan