Apa Kegunaan Motor Grader Di Pertambangan


Selamat malam kawan ku semua nya dimana pun kalian berada, senang sekali mala mini bisa posting lagi di situs Kuli Tambang ini lagi. Saya saat ini sedang dalam masa Rooster Off, kalau bahasa sekolah nya lagi dapat jatah libur selama 14 hari jadi bisa update blog ini lah sementara di rumah.

Kali ini saya mengangkat sebuah judul “Apa Kegunaan Motor Grader Di Pertambangan” mungkin lucu ya bagi kalian yang hari hari ketemu motor grader pasti ketawa sudah, namun saya mengangkat judul ini karena memang saya rasakan ada banyak orang yang tidak tahu apa kegunaan motor grader, terlebih mereka yang hidup di perkotaan tentu jarang melihat motor grader bekerja, kecuali mereka yang dekat dengan proyek.

Motor Grader adalah sebuah unit yang jika di lihat mungkin si penemu terinspirasi belalang untuk menciptakan nya, Motor Grader sepertinya alat wajib di perusahaan baik kayu, batu bara atau pun kelapa sawit rata rata mempunyai alat motor grader. Motor grader yang sering saya jumpai di pertambangan itu adalah motor grader komatsu dan motor grader caterpillar, motor grader juga sebenarnya ada yang matic dan manual juga, khususnya keluaran terbaru ini rata rata sudah otomatis motor grader nya.  Motor grader adalah alat wajib karena fungsi nya adalah untuk menyapu jalan agar jalan selalu mulus, ada dua buah alat yang terpasang pada motor grader di antaranya.
Gambar motor grader CAT terbaru

Blade

Blade atau bisa kita sebut pisau adalah alat yang berada di depan operator yang bisa di control ke kanan dan ke kiri, berputar 90 derajat pun bisa. Blade berfungsi untuk meratakan tanah yang biasanya bergelombang jika tanah tersebut sering di lewati alat – alat besar seperti Dump Truck, Haul Truck dan lainnya. Selain meratakan tanah blade juga bisa menyapu becek di atas jalan ketika sehabis hujan, blade juga bisa meratakan pasir, koral, batu bara dan material lainnya. Sebenarnya blade juga ada pada unit seperti bulldozer namun jika di gunakan untuk perawatan jalan tentu saja tidak cocok karena menggunakan track, bukan nya bagus malam rusak nanti.

Ripper

Jika kamu ada membaca postingan saya sebelumnya “Fungsi Ripper Pada Exacavator dan Bulldozer di Pertambangan” maka kamu akan tahu fungsi dari ripper ini, namun perbedaan nya ripper punya motor grader kecil dan tidak sekuat ripper excavator atau bulldozer. Ripper pada Motor Grader lebih kepada mengemburkan tanah yang ada di jalan, karena terkadang ada itu tanah yang keras atau ada bongkahan batu maka ripper belakang nya ini lah yang membantu menggemburkan nya.

Jadi kesimpulannya motor grader bekerja  untuk meratakan jalan terutamanya, karena kita tahu jalan di perusahaan baik batu bara, kelapa sawit apa lagi perusahaan kayu bukan lah jalan yang bagus, rata rata jalanan nya tanah jadi ketika unit unit besar yang lewat jalanan akan bergelombang yang sangat tidak mengenakkan dan tentu tidak aman untuk di lewati. Di situ lah fungsi Motor Grader sangat di butuhkan dalam melakukan perawatan jalan, tentunya untuk menunjang hasil produksi suatu perusahaan juga.

Tambahkan Komentar Sembunyikan