Apa Itu K3

Berjumpa lagi kawan ku sekalian pada malam hari ini, semoga kabar kalian baik baik saja dan untuk kawan yang sedang bekerja di tambang lagi dalam shift malam jaga mata nya selalu biar tidak mengantuk. Pada malam yang dingin ini saya mau posting lagi, kali ini membahas mengenai K3 dalam sebuah perusahaan pertambangan khusus nya pertambangan batu bara.

lambang dari K3

K3

K3 adalah kepanjangan dari (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), dalam menjalankan perusahaan yang baik dan sesuai dengan keinginan pemerintah maka setiap perusahaan wajib menegak kan budaya K3 dalam perusahaan nya. Khusus di pertambangan ada banyak bahaya yang sewaktu waktu bisa mengambil nyawa para pekerja nya, bahaya yang bisa saja di alami oleh pekerja tambang di antaranya; Tabrakan, terguling, tanah longsor, terkena ledakan, kebakaran, terjatuh, dan lainnya. Nah dengan adanya K3 pekerja sebelum bekerja pada suatu perusahaan akan di berikan ilmu mengenai Keselamatan di tempat kerja, prosedur yang harus di lakukan sebelum memulai pekerjaan, membaca potensi bahaya dan selalu waspada dalam setiap pekerjaan. Salah satu contoh prosedur yang wajib di laksana kan sebelum memulai pekerjaan, seorang operator HD (Haul Truck) wajib melakukan pengcheckan unit nya atau biasa di sebut P2H unit nya diantara nya melakukan pengcheckan oli – oli, spion, lampu – lampu, radio, angin ban nya, rem dan lainnya. Lalu apa guna itu semua ? tentu itu semua adalah sebuah prosedur dalam K3 yang akan menyelamatkan nyawa nya, bayangkan jika sang operator langsung operasikan saja unit nya tentu bahaya siapa tahu itu rem nya tidak berfungsi, maka bisa tamat lah nyawa nya. Dalam sebuah perusahaan ada sebuah department yang mengatur mengenai  K3 dalam sebuah perusahaan, nama department itu adalah HSE.

Mengenal apa itu HSE

HSE kepanjangan nya adalah  Health, Safety, Environment. HSE adalah sebuah cabang atau biasa di sebut Department dalam sebuah perusahaan pertambangan batu bara, mereka yang bekerja di dalam department HSE adalah orang orang yang nanti nya akan bekerja untuk menegak kan budaya K3 dalam perusahaan, mereka bagaikan polisi dalam perusahaan mereka bisa memberikan surat peringatan (SP) jika kita bekerja tidak sesuai dengan prosedur yang ada. Dan selain mereka Safety yang menegakkan K3 dalam perusahaan, ada juga Paramedic (medis di dalam perusahaan) yang bertugas untuk mengobati para karyawan jika sakit dan medis ini juga berhak merujuk karyawan ke rumah sakit jika dia merasa tidak mampu di obati di klinik perusahaan. Selain medis ada juga mereka Environment, tugas mereka adalah memberdayakan sebuah lahan bekas pertambangan, karena seperti yang kita ketahui perusahaan tambang itu pekerjaan nya merusak alam maka di butuhkan lah mereka yang bertugas untuk menanam pepohonan dan membuat kolam untuk penjernihan air, agar limbah dari tambang tidak langsung masuk ke sungai.

Nah itu semua adalah sebuah upaya perusahaan memberdayakan K3 dalam perusahaan, perusahaan tidak bisa memikirkan karyawan nya saja mereka juga harus memperhatikan orang orang di sekitar lokasi tambang agar mereka tidak terkena limbah dari perusahaan. Bagi kamu yang menyukai tantangan dan juga menyukai budaya K3 maka coba kamu pelajari mengenai K3 dalam perusahaan dari internet ada banyak, agar kamu bisa melamar pekerjaan di bagian itu jika ada tambang yang membutuhkan.

Saya rasa cukup sampai disini postingan saya kali ini semoga bisa memberikan sedikit ilmu untuk anda, jika saya ada salah mohon di koreksi lagi.

Tambahkan Komentar Sembunyikan