Homesick Ketika Bekerja Di Pertambangan


Selamat malam lagi sahabat ku Kuli Tambang sekalian, bagaimana keadaan nya hari ini ? semoga kerjaan kalian semua baik baik saja dan hasil produksi tercapai semuanya ya. Pada malam hari ini saya penulis Kuli Tambang mau berbagi pengalaman ketika awal masuk bekerja di Pertambangan, ya mungkin sebagian orang tidak mengalami nya tapi kebanyakan orang mengalami nya, ini bukan penyakit namun ini adalah gangguan jiwa seseorang.

Ketika saya mengikuti Safety Talk di department plant yaitu department saya sendiri yang biasa di lakukan pada hari selasa, ada sebuah topic yang di angkat oleh supervisor safety yaitu Homesick. Untuk lebih jelas mengenai apa itu Homesick lanjut deh bro baca nya.

Mengatasi homesick di pertambangan

 

Apa itu Homesick dan dampak nya terhadap karyawan di pertambangan ?

Homesick adalah suatu goncangan psikologis manusia normal, dampak psikologis ini banyak terjadi pada para karyawan Pertambangan karena memang pertambangan. Ciri karyawan yang sedang di landa masalah homesick adalah dia selalu merindukan rumahnya, entah itu masakan rumah, kasur nya, orang orang rumah dan semua yang bersangkutan dengan rumah, gejala ini banyak terjadi pada karyawan pertambangan karena memang hidup di pertambangan itu keras kawan ku, kamu berangkat jam 6 pagi pulang jam 6 malam kalau kamu shift siang dan berangkat jam 6 malam, pulang jam 6 pagi jika kamu shift malam. Hidup di tambang itu membosankan pekerjaan kamu itu itu saja tiap hari; Bangun tidur, mandi, makan, bekerja, pulang, mandi, tidur dan di ulang kembali. Oleh sebab itu karyawan sering merindukan hal – hal yang berkaitan dengan rumah nya dan merindukan suasana rumahnya, terlebih perusahaan pertambangan biasanya di daerah pelosok mau kekota saja butuh waktu beberapa jam untuk mencari hiburan, terlebih jika di perusahaan tersebut tidak ada sinyal makin memparah keadaan.

Dampak Homesick untuk karyawan 

Homesick memang terlihat sepele akan tetapi sebenarnya homesick sangat berbahaya untuk karyawan itu sendiri karena memang karyawan yang terkena homesick akan sulit berkonsentrasi dalam pekerjaan nya,  selain akan menurunkan tingkat produktifitas karyawan itu sendiri homesick bisa membuat dia mengalami kecelakaan kerja. Oleh sebab itu perusahaan besar seperti Thiess membangun hiburan sebaik mungkin untuk karyawannya baik itu tempat fitness, bar dan karaoke. Saya sendiri belum pernah bekerja di perusahaan seperti Thiess namun saya mengetahuinya karena istri saya pernah bekerja di Thiess.

Bagaimana Mengatasi Homesick Secara Mandiri

Jika di perusahaan kamu bekerja tidak menyediakan fasilitas untuk hiburan, maka kamu harus bisa mandiri mengatasi homesick tersebut caranya adalah mencari teman untuk mengobrol dan bercanda ria itu semua bisa mengurangi rasa kangen kamu terhadap rumah, bisa juga kamu ketika di kota mendownload film kesukaan kamu bisa kamu taruh dalam flashdisk atau harddisk bisa kamu tonton ketika bosan dan ingat rumah, teman saya di tambang sering seperti itu mendownload banyak film dan mereka tonton ketika di mess.

Nah itu semua adalah mengenai efek psikologis yang biasa melanda para pekerja tambang, terlebih jika dia jarang pergi jauh dari rumah maka akan mengalami dampak tersebut. Kawan ku semua apakah ada yang pernah mengalami nya ketika berada di tambang ? Jika pernah silahkan komentar dan jujuran saja, lalu bagaimana cara kawan semua mengatasi rasa kangen rumah yang begitu berat bisa di bagi juga ! Biar bisa di baca kawan yang lain, mungkin sedang mengalami Homesick saat ini.

Tambahkan Komentar Sembunyikan